1.Pedahuluan
a.Latar Belakang
Aplikasi dari pemrosesan sinyal digital saat ini sangat luas dan sudah merambah ke berbagai bidang dalam kehidupan manusia. Salah satunya system pengenalan suara untuk menyalakan lampu. kebanyakan dari manusia dalam mengoperasikannya mengalami kendala karena dipengaruhi jarak dan tata letak dari saklar. Untuk lebih oplimal dalam penggunaan dibutuhkan suatu system yang lebih efisien dalam hal segi waktu yang tidak terlalu membuang energy. System pengenalan suara pun sangat berguna dalam mengontrol sesuatu, seperti mengontrol sebuah robot. Misalnya, untuk menggerakan robot maju ke depan, maka orang hanya mengucapkan kata maju, sehingga robot pun akan maju ke depan sesuai perintah yang diberikan.
Pada pembuatan tugas akhir ini, dirancang sebuah aplikasi yang dapat memutar media player menggunakan suara manusia, hal ini bertujuan agar pola karateristik suara manusia yang satu dengan yang lain dapat dibedakan. Untuk itu dalam perancangan system ini membutuhkan pengenalan suara, suara yang akan dikenali hanya satu oknum saja dan bersifat security system. System rancangan dari program ini menggunakan tools pada matlab yaitu GUI (Graphical User Interface) yang akan mengenali suara manusia.
b.Tujuan
Tujuan yang akan dicapai dari pembuatan Tugas Akhir ini adalah:
1.Dapat mengoperasikan media player.
2.Meningkatkan kualitas sinyal suara menggunakan program pemodela untuk mendapatkan keluaran sinyal yang bagus.
3.Serta untuk syarat tugas akhir pengolahan sinyal.
2.Konsep Desain
Matlab singkatan dari matrix Laboratory, merupakan bahasa pemrograman yang dikembangan oleh the mathwork, Inc. Bahasa pemrograman ini banyak digunakan untuk perhitungan numeric, keteknikan, kompulasi simbolik, visualisasi, grafis, analisis data matematis, statiska, simulasi, pemodelan dan desain Graphical User Interface (GUI).
Desain dilakukan dengan menggunakan tools yang sudah tersedia di Matlab, tools tersebut tidak dapat diakses langsung tetapi harus diketikkan ‘guide’ sehingga muncul window untuk membuat dan memprogram antar muka aplikasi. Tombol aplikasi yang dirancang pada tahap ini yaitu tombol open, play, next dan stop.
Perancangan system ini dibuat salah satunya dengan bantuan program matlab yang memanfaatkan fasilitas GUI (Graphical User Interface). Untuk merancang konsep program di GUI (Graphical User Interface) penulis melakukan diagram alir terlebih dahulu supaya dapat memudahkan dalam merancang. Ketika selesai dirancang program ini ditulis dalam MFile Editor kemudian di run. Untuk dapat memulai melakukan perancangan sistem dari voice recognition pada matlab (Matrix Laboratory) terlebih dahulu penulis melakukan perancangan diagram alir agar supaya dapat memudahkan dalam pembuatan programnya.
Perancangan aplikasi Graphycal User Interface (GUI) terdiri dari empat tombol dengan keterangan sebagai berikut :
1.Open berfungsi sebagai membuka file di computer.
2.Play untuk menjalankan music.
3.Pause untuk menghentikan music sementara.
4.Resume untuk menghentikan music sejenak.
5.Stop untuk menghentikan music.
Tahapan-tahapan proses aplikasi media player.
1)Buka matlab, kemudia ketik GUIDE pada command window , seperti gambar dibawah ini.
Gambar 1.1
2)Maka akan tampil layar seperti gambar dibawah ini, pilih Blank GUI (Default).
Gambar 1.2
3)Lalu merancang bentuk GUI seperti gambar di bawah ini, lalu simpan file .fig.
Gambar 1.3
4)Maka akan tampil kode yang harus diisi sesuai dengan fungsi-fungsi yang telah dirancang dalam GUI matlab.
Gambar 1.4
Dan dibawah ini adalah kode-kode yang harus dimasukkan dalam fungsi-fungsi yang ada di dalam GUI.
>>function mmp_OpeningFcn(hObject, eventdata, handles, varargin)
handles.playfiles=[];
handles.output = hObject;
handles.status=0;
handles.stat=0;
guidata(hObject, handles);
>>function openbutton_Callback(hObject, eventdata, handles)
global file_name;
file_name=uigetfile('*.wav','Select the Wave File');
%tuliskan nama file pada bagian edit text
set(handles.edit1,'String',file_name);
guidata(hObject,handles);
>>function stopbutton_Callback(hObject, eventdata, handles)
if handles.status==1
handles.status=0;
stop(handles.r);
else
errordlg('Warning: To Stop, Play Must Be In Progress.')
end
guidata(hObject,handles);
>>function playbutton_Callback(hObject, ~, handles)
global file_name;
if(~ischar(file_name))
errordlg('Please Open a .Wav File');
else
if handles.status==0
handles.status=1;
[x,Fs]=wavread(file_name);
handles.r=audioplayer(x,Fs);
play(handles.r);
else
warndlg({'Warning: Play Is Already In Progress.';' To Begin A New Play You Must First Stop The Current Session.'})
end
axes(handles.axes1);
plot(x);
grid on
end
guidata(hObject,handles);
>>function pausebutton_Callback(hObject, eventdata, handles)
if (handles.status==1)&&(handles.stat==0)
pause(handles.r);
handles.stat=1;
else if handles.stat==1
errordlg('Play Is Already Paused')
else
errordlg('Warning: Play Must Be In Progress To Pause')
end
end
guidata(hObject,handles);
>>function resumebutton_Callback(hObject, eventdata, handles)
if (handles.status==1)&&(handles.stat==1)
resume(handles.r);
handles.stat=0;
else
errordlg('Warning: Play Must Be Paused To Resume.')
end
guidata(hObject,handles);
5)Jalankan program diatas, hingga menghasilkan gambar dibawah ini.
Gambar 1.5
Flowchat
3.Technology Plan
Digital Sinyal Processing (DSP) merupakan teknologi yang saat ini sudah mendasari hampir seluruh bidang dalam kehidupan manusia. Sinyal yang diolah pada umumnya berasal dari alam dalam bentuk analog. Lalu sinyal ini diubah dalam bentuk digital melalui proses sampling, kuantisasi dan coding. Suara sebenarnya terdiri dari gelombang yang memiliki beberapa komponen frekuensi.
Sinyal merupakan kumpulan tanda atau bunyi untuk menyampaikan pesan atau informasi. Suara bentuk kompleks yang dapat disampaikan dengan cerdas melalui partikel udara dengan berbagai intensitas gelombang bunyi. Untuk setiap gelombang bunyi yang dikirimkan mengandung karakteristik, ciri dan bentuk informasi tertentu yang akan disampaikan. Telinga manusia dapat mendengar bunyi antara 20Hz hingga dengan 20KHz (20.000Hz) sesuai batasan sinyal suara. Karena pada dasarnya sinyal suara adalah sinyal yang dapat diterima oleh telinga manusia. Angka 20 Hz sebagai frekuensi suara terendah yang dapat didengar, sedangkan 20KHz merupakan frekuensi tertinggi yang dapat didengar.
Setelah mengambil sinyal suara melalui microphone, didalam CPU komputer suara diubah menjadi suara digital dan diolah oleh sistem aplikasi Matlab sehingga ditampilkan sinyal frekuensinya pada GUI aplikasi yang sudah dibuat. Microphone yang digunakan dalam riset ini terbuat dari bahan kristal aktif dan bahan ini dapat menimbulkan tegangan sendiri sehingga tidak membutuhkan pencatu daya.
4.Cluster Plan
Desain: MOH. ALI FIKRI, ERMAN SUGIONO
Program: PUJI RAHAYU
Dokumen: MOH. HADI SETIAWAN
Software: PUJI RAHAYU
5.Development Effort
Aplikasi yang memutar media player menggunakan sinyal suara ini akan diperluas lagi dengan menambahkan tombol-tombol tertentu misalnya dengan pengaturan volume pada matlab
6.Cost Estimatc
No. Bahan Jumlah Harga
1. Aplikasi media player 1 -
2. Aplikasi Matlab 1 -
3. Proposal 1 115.000
4. Poster 1 100.000
5. Internet 150.000
6. Headset/Microphone 1 25.000
Total 190.000
7.Marketing Efforts
Aplikasi yang saya buat tidak untuk di pasarkan melainkan untuk pembelajaran dan untuk syarat tugas akhir pengolahan sinyal.
8.Kesimpulan
Pembuatan program pada sistem ini bertujuan agar program yang dibuat dapat dipergunakan untuk mengolah semua data yang telah ada dalam file. Program yang dibuat diharapkan menjadi sebuah program yang benar-benar mampu menjalankan sebuah sistem dengan baik.
9.Referensi
1.G. A. Away, The Shortcut of MATLAB Programing, Informatika, Bandung, 2010.
2.Setiawan, Dwi. 2009. “Pengolahan Sinyal Digital”. http://setiawan.blog.uns.ac.id .
3.Gunawan, D., & Juwono, F. H. (2011). Pengolahan Sinyal Digital Dengan Pemrograman Matlab. Jakarta: Graha Ilmu.

.png)
.png)
.png)
.png)

Tidak ada komentar:
Posting Komentar